Jumat, 09 Januari 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurtilas

Ide pengerjaan pembelajaran, atau disingkat RPP, yaitu pegangan satu orang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru utk membantunya dalam mengajar biar pas dgn Standar Kompetensi & Kompetensi Basic kepada hri tersebut.

Hakikat RPP

Menurut Permendikbud No. 65 Thn 2013 mengenai Standar Proses, Konsep Pembuatan Pembelajaran (RPP) yakni gagasan gerakan pembelajaran tatap muka buat satu jumpa atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan gerakan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Basic.

Seterusnya menurut Permendikbud Nomer 81A Th 2013 lampiran IV mengenai Implementasi Kurikulum Panduan Umum Pembelajaran, tahapan mula-mula dalam pembelajaran menurut standar proses yakni perencanaan pembelajaran yg diwujudkan bersama aktivitas peyusunan Gagasan Pembuatan Pembelajaran. RPP ialah ide pembelajaran yg dikembangkan dengan cara rinci dari sebuah materi pokok atau tema tertentu mengacu terhadap silabus.

Sementara itu menurut Tips Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Basic, RPP merupakan ide aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan dengan cara rinci dari satu buah materi pokok atau tema tertentu yg mengacu terhadap silabus utk mengarahkan gerakan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi basic(KD).

Tiap-tiap pendidik kepada sebuah pendidikan berkewajiban menyusun RPP dengan cara komplit & sistematis supaya pembelajaran terjadi dengan cara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik utk berpartisipasi aktif, pula memberikan tempat yg lumayan bagi prakarsa, kreativitas, & kemandirian serasi bersama bakat, kesukaan, & perkembangan fisik pula psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema & dilaksanakan dalam satu kali jumpa atau lebih.

Pengembangan RPP bakal dilakukan kepada tiap-tiap awal semester atau awal th pelajaran dgn tujuan supaya RPP sudah sedia apalagi dulu dalam tiap-tiap awal pengerjaan pembelajaran. Pengembangan RPP bakal dilakukan oleh guru dengan cara individu ataupun berkelompok dalam Grup Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi & supervisi oleh pengawas atau Lembaga pendidikan. Kurikulum 2013 utk Sekolah Basic ialah pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I hingga kelas VI.

Prinsip-pirinsip Pengembangan RPP

Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut :

RPP ialah terjemahan dari gagasan kurikulum yg berdasarkan silabus yg sudah dikembangkan kepada tingkat nasional ke dalam betuk desain proses pembelajaran utk direalisasikan dalam pembelajaran.
RPP dikembangkan cocok dgn yg dinyatakan dalam silabus bersama kondisi terhadap unit pendidikan baik kebolehan awal siswa, kesukaan, motivasi mencari ilmu, bakat, potensi, kapabilitas emosi, ataupun gaya menggali ilmu.
RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
RPP serasi dgn maksud Kurikulum 2013 buat membuahkan siswa yg mandiri & tidak berakhir menggali ilmu.
RPP mengembangkan budaya membaca & posting.
Proses pembelajaran dalam RPP di desain utk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beraneka ragam bacaan, & berekspresi dalam wujud tulisan.
RPP memuat desain acara pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, & umpan balik.
RPP disusun bersama memperhatikan keterkaitan & keterpaduan antara KI & KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, penilaian, & sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman menggali ilmu.
RPP disusun dgn pertimbangkan aplikasi technologi berita & komunikasi dengan cara terintegrasi, sistematis, & efektif pas bersama situasi & kondisi.

Langkah-langkah mengembangkan RPP

Menurut tips teknis penyusunan RPP di Sekolah Basic, pengembangan RPP disusun dgn mengakomodasikan pembelajaran tematik atau yg dinamakan RPP Tematik. RPP tematik yaitu konsep pembelajaran tematik terpadu yg dikembangkan dengan cara rinci dari sebuah tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik yakni :

Mengkaji silabus tematik
Mengidentifikasi materi pembelajaran
Memastikan maksud
Mengembangkan gerakan Pembelajaran
Penjabaran tipe penilaian
Tentukan alokasi saat
Tentukan sumber menuntut ilmu.

Referensi
Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Th 2014. Jakarta : Kemendikbud.
Permendikbud Nomer 65 Th 2013 berkenaan Standar Proses.
Permendikbud No. 81A Th 2013 lampiran IV berkaitan Implementasi Kurikulum Panduan Umum Pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar